-->

Thread: Romo Suseno Sebagai Saksi Ahli Dalam Persidangan Eliezer

Tidak ada komentar

Fyi, Dr. Franz Magnis adalah salah satu saksi ahli yg hadir dalam persidangan Eliezer dlm kasus Sambo. Beliau sbg saksi ahli filsafat moral, yg bertugas menentukan moral Eliezer, dan menentukan kehendak. Apa yg menghendaki Eliezer berbuat demikian (membunuh Joshua).

Pada persidangan tersebut disimpulkan bahwa perbuatan Eliezer memang melanggar moral (sudah pasti, baik scr hukum & agama melarangnya). Namun dalam bertindak, berkehendak, melakukan tindakan atau perbuatan, Eliezer tidak menjadi manusia bebas (bebas negatif).

Sehingga dalam situasi yg rumit di TKP, pula dgn budaya kepolisian yg erat bahwa bawahan harus tunduk pada atasan, adalah tekanan² yg dialami oleh Eliezer dalam menentukan keputusannya (mengikuti perintah atau menolak).

Disini Franz Magnis selalu menekankan atasan & bawahan. Yg mengindikasikan bahwa Eliezer dalam "tindakannya" tidak bebas dan memiliki keterbatasan, yakni menjadi seorang bawahan dari Sambo. Sehingga dalam upaya membunuh, Eliezer hanya menuruti perintah.

Sebagaimana dalam bukunya, Franz Magnis berkata: "semakin tertekan kekuatan jiwa seseorang, semakin berkurang pula kesalahannya".

Mengapa moral penting dlm persidangan. Thomas Aquinas berpendapat bahwa suatu norma hukum apabila bertentangan dengan norma moral, maka akan kehilangan kekuatannya. Yg artinya moral dalam struktur norma berada paling atas, kedua adalah norma hukum (dibuat oleh penguasa), dan ketiga atau terakhir adalah norma sopan santun (berdasarkan orang banyak, budaya, masyarakat sekitar). Maka perlu ahli moral dlm persidangan.

Source: twitter.com

Komentar