-->

Rumus Angka Untuk Penyakit Jantung Sebagai Pengingat

Tidak ada komentar

Penyakit Jantung
Penyakit Jantung.
Ketahuilah bahwa jantung itu penyakit yang berbahaya. Jangan dianggap remeh apalagi enteng. Penyakit ini bisa menjangkit siapa saja, baik tua maupun muda, olahragawan bisa kena apalagi perokok. Karena bagaimanapun bumi ini sudah tidak lagi sesuai dengan kemarin, begitu juga kehidupan di dalamnya.
.
Jantung juga merupakan penyakit mahal. Kemahalan itulah yang membuat penyakit jantung ini merupakan penyakit dengan kematian tertinggi di dunia. Tapi aneh bukan, orang yang mayoritas terkena penyakit jantung adalah orang yang bisa dikatakan 'kaya'. Apakah ada faktor kelelahan bekerja dan tingkat stres karena beban kerja membuat si 'kaya' ini terkena penyakit jantung. Seseorang pernah berkata, mereka bekerja hingga sakit ternyata hanya untuk biaya pengobatan kesehatan mereka. Lucu ya memang hidup ini. But its oke, kembali ke topik utama.
.
Ada beberapa judul artikel yang muncul yang sekilas dibaca membuat penulis menjadi tertarik. Artikel itu berbicara mengenai rumus angka atau nomor penting bagi orang-orang yang terjangkit penyakit jantung. Artikel itu didapat dari pendapat salah satu dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Rumah Sakit Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, Dr. Isman Firdaus, SpJP, MD.
.
Menurut Dr. Isman Firdaus saat jumpa pers dalam acara Annual Scientific Meeting of Indonesian Heart Association (ASMIHA) 2016 di Jakarta, beliau mengatakan bahwa terdapat nomor atau angka yang bisa djadikan rumus bagi orang-orang yang terjangkit penyakit jantung. Nomor itu adalah 035140530. Kenapa seperti itu? Beikut penjelasannya:
.
  • Awalnya adalah angka 0. Kenapa angka 0? Maksdunya apa? Maksudnya adalah no smoking atau tidak merokok. Karena memang rokok itu sangat identik dengan jantung. Kedua itu memiliki hubungan yang buruk. Tak mungkin mereka bisa berteman apalagi menjadi sahabat yang saling mengerti satu sama lain. Karena rokok merupakan penyebab dan paling berpengaruh dalam penyakit jantung dan kesehatan. Perokok memiliki resiko paling besar terkena penyakit jantung.
  • Kemudian dibelakangnya ada angka 3. Maksud dari 3 ini adalah untuk aktifitas fisik. Kebugaran tubuh juga sangat diperlukan untuk seseorang yang terkena penyakit jantung. Arti 3 adalah berjalan kaki 3 kali seminggu, dalam waktu 30 menit, dan dalam jarak 3 kilometer. Tambahan dari Dr. Isman ialah bahwa olahraga itu sebenarnya bukan faktor penyebab serangan jantung, akan tetapi olahraga itu sangat berbahaya bagi orang yang memiliki penyakit jantung yang belum diobati. Ketauhilah serangan jantung itu lebih sakit daripada sakit hati. Tapi juga harus diakui bahwa sakit hati hingga menyebabkan serangan jantung itu lebih sakit.
  • Next adalah angka 5, yang mana maksud angka 5 itu adalah jumlah porsi buah dan sayur yang seharusnya Anda makan. Makanan yang berserat adalah makan yang baik untuk orang yang terkena penyakit jantung.
  • Angka 140 mengandung arti bahwa tekanan darah yang itu adalah 140 mm/Hg. Menurut Dr. Isman, usia yang sudah berada di sekitar 30 harus rutin memeriksa tekanan darahnya.
  • Angka 5 adalah batas kolestetol total yang tidak boleh melebihi 5 mmol/L atau 190 mg/dl.
  • Sedangkan angka 3 itu adalah LDL atau kadar kolesterol jahat yang tidak boleh melebih 3 mmol/L atau 113 mg/dl. Karena kolesterol jahat ini dapat menyumbat pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner.
  • Angka terakhir, yaitu angka 0 maksudnya adalah no obesitas. Nggak boleh gendut, nggak boleh berlemak. Karena memakan kulit ayam terlalu sering dapat mengakibatkan resiko penyakit seperti diabetes dan jantung.
Nah itulah yang dikatakan Dr. Isman dalam wawancaranya ASMIHA 2016 di Jakarta. Karena lagi-lagi penyakit jantung itu perlu diperhatikan. Jangan cuman uang dan uang, kerja dan kerja saja yang diperhatikan. Buat apa punya uang banyak toh kembali habis karena sakit itu.
.

Komentar