-->

Hal-Hal yang Membuat Gigi Ngilu dan Cara Mengatasinya

Tidak ada komentar

Bagian-bagian gigi.
Bagian-bagian gigi.
Gigi ngilu adalah karena gigi itu sensitif atau 'Hipersensitifitas Dentin'. Hal umum yang membuat gigi menjadi sensitif adalah resesi gusi dan erosi enamel gigi. Mudahnya begini, kan ada tuh di bawah gigi kita itu ada merah-merahnya. Nah namanya adalah gusi. Gusi itu bererosi, artinya gusi itu perlahan-lahan menurun, sehingga gigi yang mulanya terlihat pendek seperti terlihat tinggi. Padahal itu terjadi karena gusi kita yang menurun, yang membuat bagian bawah gigi kelihatan dan menjadi sensitif.
.
Gigi yang paling bawah itu namanya adalah dentin. Apabila dentin terkena air dingin misalnya, terjadilah sebuah rangsangan yang merangsang saraf di gigi. Hal inilah yang membuat gigi menjadi ngilu atau sensitif.
.

Ada beberapa penyebab yang membuat gigi menjadi sensitif, yaitu:

  1. Erosi enamel - yaitu gigi yang sensitif yang dikarenakan menggeretakkan gigi atau menyikatnya terlalu sering.
  2. Resesi gusi - yaitu gigi menjadi sensitif yang dikarenakan oleh penyakit gusi yang disebabkan dari menyikat gigi yang terlalu kuat atau keras.
Organ gigi.
Organ gigi.
Selain dari yang diatas, karena yang diatas merupakan pokok masalahnya. Ada lagi beberapa penyebab yang telah penulis baca dari bermacam artikel, seperti:
  • Menggunakan pemutih gigi dan pasta gigi tertentu. Pasta gigi yang berbahan dasar dari baking soda dan peroksida yang dapat menimbulkan gigi sensitif sementara. Baru akan berhenti apabila juga berhenti menggunakan produknya.
  • Menggunakan mouthwash atau penyegar mulut berlebihan juga salah satu penyebab gigi menjadi sensitif. Karena di dalam mouthwash mengandung asam yang akan semakin memperburuk gigi sensitif.
  • Mengkonsumsi makanan yang terlalu asam. Asam yang tinggi dapat mengikis lapisan email gigi. Email gigi itu lapisan luar gigi yang melindungi dentin dan akar gigi. Jika terkikis akan menimbulkan kengiluan.
  • Mengkonsumsi makanan yang keras, seperti menggigit es atau menggigit permen dapat membuat gigi menjadi patah dan membuat lapisan dentin di bawahnya menjadi rentan terhadap paparan pemicu gigi sensitif
  • Pembusukan gigi dapat membuat gigi keropos atau berlubang yang kemudian menyebabkan lapisan lunak di bawahnya menjadi rentan terhadap iritasi. Dan itulah sumber sensitifnya. Maka dari itu kebersihan mulut benar-benar perlu dijaga.
  • Prosedur medis atau obat yang diberikan medis yang bisa membuat gigi anda tidak cocok dan dapat menyebabkan infeksi yang berpengaruh pada kesensitifan gigi.
  • Sisa-sisa makanan yang sangat banyak menempel yang dapat mengikis lapisan email. Prosesnya hampir sama dengan mengkonsumsi makanan asam.
.

Cara mengatasi gigi sensitif tersebut adalah berikut:

  • Gunakan sikat yang lebih halus agar tidak dapat menyebabkan gusi melorot dan menyikat dengan bulat-bulat-bulat sebagaimana yang diajarkan di serial kartun anak-anak 'Upin dan Ipin'.
  • Jangan terlalu sering menyikat gigi dan jangan terlalu keras. Cara yang efektif adalah menyikat gigi sehari dua kali. Cara Upin Ipin dalam episodenya merupakan contoh yang benar.
  • Gunakan pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif atau pasta gigi fluoride. Setidaknya untuk mengurangi kengiluannya.
  • Perhatikan menu makanan dan minuman Anda. Jangan terlalu makan-makanan asam atau makanan yang sulit dikunyah karena dapat meninggalkan banyak sisa makanan di gigi yang membuat kita harus ekstra keras menyikatnya. Padahal menyikat dengan keras merupakan salah satu penyebab gigi menjadi sensitif.
  • Jangan makan makanan keras yang dapat membuat gigi patah, seperti es batu atau permen. Atau sendok saking laparnya.
  • Minum air putih. Karena air putih dapat membuat asam di dalam mulut menjadi normal.
  • Begitu juga minuman, tidak boleh terlalu asam, manis, dan bersoda. Gunakan sedotan agar gigi tidak kaget.
  • Kebersihan mulut tetap harus dijaga. Karena bakteri maupun kuman bisa membuat gigi menjadi buruk.
  • Konsultasi ke dokter gigi.
.

Komentar