-->

Cara Memasang Iklan Adsense yang Gagal

Tidak ada komentar

Google Adsense
Google Adsense.
Berhubung baru-baru ini penulis telah diterima oleh Adsense, Alhamdulillah (sujud syukur). Ada satu masalah yang pemulis alamin saat itu. Ketika hendak memasang kodenya di HTML blog, penulis merasa kesulitan. Entah kenapa kok kode adsense salah yaa? Padahal penulis sudah mengkopi pastenya dengan benar. Dan menelitinya bahwa tidak ada kekurangan apapun maupun kelebihan apapun. Lalu bagaimana ini?
.
Itulah yang terjadi saat penulis mengcopas kodenya. Ketika disimpan tiba-tiba muncul sebuah pesan seperti ini, "Kesalahan saat mengurai XML, baris 8, kolom 15: Attribute name "async" associated with an element type "script" must be followed by the ' = ' character". Lah bagaimana ini?
.
Pertama penulis sempat bingung harus bersikap bagaimana. Mau tanya di forum grup entar malah dapet komentar "search aja di google". Jadi seketika penulis copy saja pesan tersebut. Lalu membuka google dan pastekan kode tersebut di mesin pencari. Ada sebuah link productforums.google.com yang menjelaskan tentang ini.
.
Di dalam forum link tersebut ada seorang penanya yang mengatakan masalah yang sama seperti penulis. Ia tidak bisa memasang adsensenya karena mendapatkan pesan yang sama seperti diatas. Nama penanya tersebut adalah Agusri. Ia sempat menanyakan permasalahannya kepada pihak adsense tetapi tidak digubris selama tiga hari. Untuk itulah ia bertanya pada forum tersebut.
.
Syukur Alhamdulillah, banyak orang yang melihat pertanyaan saudara Agusri dan banyak juga yang membantunya. Tapi sayang tidak ada orang Indonesia yang menjawabnya, hanya terdapat orang luar saja yang membantunya. Permasalahan penulis selesai setelah melihat komentar pertama dari orang luar tersebut. Jadi caranya simpel sekali. Jika dilihat-lihat kode awal yang diberikan adsense adalah begini:
Nah kemudian orang luar tersebut menyarankan agar menambahkan sesuatu di dalam kode tersebut. Jadi begini:

<script async="async" src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
Jadi ternyata harus ditambah terlebih dahulu kode ="async" setelah kode async dan sebelum kode src. Dengan begitu masalah milik penulis selesai. Kode HTML bisa disimpan, dan iklan juga muncul. Walaupun di dalam kebijakan adsense mengatakan bahwa merubah kode itu dilarang. Akan tetapi selama kode tersebut tidak dirubah total sepertinya tidakpapa. Karena adsense memperbolehkan mengganti ukuran iklan jika memang tidak sesuai dengan kemauan maupun tema.

Komentar