-->

Cara Memasang Anti Copas Pada Blog Dengan CSS

Tidak ada komentar

Tuyul Artikel
Tuyul artikel.
Ada perbedaan pemasangan anti copas yang penulis tulis di artikel sebelumnya dan artikel yang sekarang. Anti copas sebelumnya dibuat melalui JavaScript atau JS untuk mempermudah penyebutannya. Sedangkan kali ini penulis membuatnya melalui CSS. Hal ini penulis dapatkan ketika penulis berkunjung di blog mastamvan. Sekitar pada tanggal 8 sampai 11 Juli 2017 kalau tidak salah. Saat itu banyak hal yang penulis tanyakan pada blog mastamvan, dan Alhamdullilah mastamvan membalasnya segera.
.
Awal mulanya penulis mencari sebuah cara dan tips untuk membuat syntax highlighting atau pembungkus kode di blog mastamvan. Lalu entah kenapa penulis jadi kepincut dengan blog mastamvan yang terdapat seperti button keyboardnya. Benar-benar keren blog mastamvan. Bagi yang ingin memperindah blognya, kunjungi saja blog mastamvan.blogspot.com. Silahkan muter-muter disana dan mencari pernak-pernik untuk blog Anda. Penulis sendiri juga masih berkunjung disana dan suka mengotak-ngatik blog, terutama mengenai daftar isi saat itu hehe.
.
Kenapa dengan CSS? Karena menggunakan CSS itu mudah dan simpel. Selain itu dengan CSS juga dapat membuat hal seperti blockquote, komentar, dan beberapa hal lainnya tidak ikut menjadi anti copy paste. Maksudnya begini, artikel yang kita blockquote misalnya, tidak akan ikut menjadi anti copas, melainkan dapat dicopas. Jika ingin membuat blockquote juga ikut menjadi anti copas bisa diatur nanti. Dibawah akan penulis jelaskan. Jadi berikut caranya:
  • Pertama login terlebih dahulu pada blog Anda. Masuk ke blogger dan kemudian klik Tema atau Temptlates. Klik edit HTML.
  • Gunakan Ctrl+F untuk mencari kode dengan nama: /b:skin>.
/b:skin>
  • Biasanya akan berbentuk seperti ini <b:skin>...</b:skin>. Silahkan klik saja titik-titik hijau di tengah itu. Nanti akan menjabar menurun.
  • Masukkan kode CSS dibawah ini tepat diatas kode /b:skin> tersebut.
/* ---Kode Agar Blog Tidak Bisa Di Copy Paste---*/
.post-outer {
-webkit-touch-callout:none;
-khtml-user-select:none;
-webkit-user-select:none;
-moz-user-select:none;
-ms-user-select:none;
}
/* ---Kode Agar Bagian tertentu Bisa Di Copy Paste---*/
.comment_body p,.post blockquote,.post pre,.post code{
  -webkit-touch-callout:text;
  -khtml-user-select:text;
  -webkit-user-select:text;
  -moz-user-select:text;
  -ms-user-select:text;
}
  • Nah jika Anda tidak ingin blockquote dapat di copas, maka hapus saja kalimat yang penulis tandai dengan warna orange tersebut. Dan jika ada hal lainnya yang ingin menjadi anti copas, Anda dapat mengeditnya pada tulisan yang penulis beri warna hijau.
  • Selanjutnya klik save template atau simpan tema. Lihat pada blog Anda apakah penerapannya berhasil atau tidak.
Artikel ini bersumber pada blog mastamvan.blogspot.com. Doakan terus agar mastamvan terus berkarya pada blognya dan membuat banyak hal yang menarik. Semoga mastamvan tidak kehabisan ide. Terima kasih mastamvan. Sehat dan sejahtera selalu, salam rujakemas.

Komentar