-->

Pengertian Perbedaan Domain dan Subdomain & Merekomendasikan RumahWeb - Pendapat Awam

Tidak ada komentar

Domain dan Subdomain
Domain dan Subdomain.
Jadi begini untuk mengetahuinya sebelumnya perlu dijelaskan secara sederhana kalau domain atau subdomain itu yang terletak diatas, yang terletak pada alamat atau address, yang biasanya pakai .com .co .id .ru dan dot-dot lainnya. Tanpa itu kita tidak akan dapat kemana-mana di dunia internet. Maka dari itu istilahnya adalah address atau alamat. Dan alamat itulah yang akan kita tuju kalau kita hendak searching. Bahkan ke google sendiri kita harus menggunakan itu, google.com misalanya atau malah google.co.id. Maka dari itu, tanpa hal seperti itu kita tidak akan menuju kemana-mana.
.

Perbedaan Domain dan Subdomain Secara Ringkas

Mengenai domain akan penulis jelaskan secara sederhana terlebih dahulu. Gambarannya adalah seperti ini:
  • rujakemas.com
  • google.com
  • blogger.com
  • rumahweb.com
  • wikipedia.org
  • kertashitam.com
  • imdb.com
  • otakotaku.com
  • komikmax.org
  • danlainlain.ru
Nah itu adalah gambaran dari domain.Contoh para pengguna domain adalah seperti itu. Jadi domain itu hanya terdiri satu titik. Coba cek contoh diatas. Lalu yang menjadi domain adalah sebelum tanda (.) seperti rujakemas maupun blogger. Keduanya adalah domain. Mudahnya yang sebelum .com atau .org atau .id adalah domain. Sedangkaan subdomain adalah sebagai berikut:
  • mangaku.web.id
  • id.wikipedia.org
  • muzanosama.blogspot.com
  • mail.google.com
  • translate.google.com
  • play.google.com
Nah itu dia yang diatas adalah contoh dari subdomain. Ada beberapa huruf yang penulis warnai dan yang diwarnai itu adalah domain. Dapat disimpulkan bahwa subdomain itu selalu ada dibelakang domain. Seperti yang penulis katakan domain itu berada di belakang .com .id .ru dan sebagainya. Sedangkan yang berada dibelakang domain adalah subdomain. Ini adalah penjelasan mudah dari penulis. Namun untuk kepastian mengenai letak subdomain dan domain masih setengah-setengah karena belum terdapat penjelasan yang pasti mengenai ini. Akan tetapi jarang sekali penulis melihat ada domain yang berada di belakang subdomain. Begitu lah penjelasannya secara ringkas.
.

Perbedaan Domain dan Subdomain - Penjabaran Awam

Selanjutnya penulis akan menjelaskan sebisa penulis tentang domain dan subdomain. Jadi ada istilahnya yang dikenal dengan DNS atau kepanjangannya adalah Domain Name System. DNS itu sebenarnya adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menyimpan informasi tentang nama domain. Di dalam wikipedia dijelaskan cukup rumit. Penulis saja juga sedikit sulit memahaminya. Namun kesimpulannya adalah begini, domain ini sebenarnya bentuk lain dari alamat IP atau kepanjangannya adalah Internet Protokol.
.
Sebagai contoh yaa, silahkan ketik alamat berikut ini: (www.indosatm2.com). Lalu bukalah tab baru pada internet anda dan silahkan copy alamat IP berikut: 124.81.92.144 (IPv4) atau alamat IP berikut: 2001:e00:d:10:3:140::83 (IPv6). Jika tidak berubah sebagaimana artikel ini ditulis (20 Mei 2017) alamat IP keduanya itu dengan alamat www.indosatm2.com akan sama. Coba saja terlebih dahulu. Copy saja yang telah penulis tebalkan angkanya atau cukup klik saja. Nah kan jika benar maka memang nama domain seperti www.indosatm2.com tersebut merupakan kemudahan bagi pengguna internet daripada membukanya melalui alamat IP yang rumit dengan angka-angka. Seperti itu.
.
Subdomain atau Third Level Domain merupakan bagian dari domain induk. Sebagai contoh adalah play.google.com. Seperti yang penulis katakan diatas, subdomain selalu ada di depan domain. Jadi play tersebut adalah subdomain sedangkan google sendiri adalah domain induknya. Jika dikatakan bagian dari domain induk artinya subdomain ini tidak dapat berdiri sendiri. Ia bisa ada dikarenakan keberadaan dari domain induk. Namanya saja sudah ada sub-domain.
.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah bagi blogger yang menginginkan perubahan dari subdomain (namablogmu.blogspot.com) menjadi (namablog.com) sebenarnya tidak ada perbedaan yang cukup berarti. Hanya saja bagi orang awam blog yang menggunakan domain sungguh seperti orang yang ahli. Seperti orang yang sudah tinggi levelnya. Ditambah ada akses kemudahan bagi pengunjung untuk menghafal alamat blog Anda.
.

Tambahan

Sedikit tambahan dari penulis. Bagi para tukang ngeblog jika ingin menggunakan domain silahkan menggunakan jasa dari RumahWeb. Linknya adalah berikut: www.rumahweb.com. RumahWeb ini juga merupakan tempat atau jasa dari penulis untuk mengubah blog yang semula beralamat muzanosama.blogspot.com atau .co.id menjadi rujakemas.com. Ini bukan iklan tetapi pengalaman dari penulis. Karena jika Anda benar-benar serius maka pilihlah yang terpercaya dari orang yang pernah mengalaminya. Jika Anda masih ragu lalu Anda googling dan mencari beberapa artikel yang membahas mengenai jasa yang baik, ini dan itu. Sungguh pertanyakanlah pada penulis artikel tersebut pernahkah mereka menggunakannya? Ini hanya saran dan rekomendasi dari penulis. Lebih baik berhati-hati dalam menggunakan jasa. Murah belum tentu menjamin. Maka dari itu sekali lagi pesan penulis adalah hati-hati.
.
Sumber|id.wikipedia.org|bloggooglingan.blogspot.co.id|id.wikipedia.org|Gambar Cover|

Komentar