-->

Kumpulan Quotes & Catatan (Updated)

Tidak ada komentar

"Gelas kosong kalau dipegang satu menit masih terasa ringan, coba dipegang satu jam, satu minggu, apalagi selamanya. Kalau dipegang doang dijaga biar gak pecah, ya pasti berat banget. Apalagi selamanya. Maka dari itu kadang kita taruh saat lelah, kita ambil saat perlu dan begitu hingga selamanya. Hal kecil itulah yang nantinya menjadi pondasi rumah tangga. Namanya juga rumah, dibangun sama hal kecil, misal kayu dan bata. Raditya Dika pernah bilang, menikahlah bukan karena sudah waktunya tapi karena dia orangnya." (twitter.com/kegblgnunfaedh)

Adjie Santosoputeri: "Pikiran atau perasaan positif maupun negatif adalah sebuah label. Label yang diberikan oleh ego-si aku pada pikiran-perasaan, berdasarkan pengalaman-memori masa lalunya (twitter.com/AdjieSanPutro)."

Adjie Santosoputeri: "Pulih itu bukan kondisi statis di mana semua serba pasti. Bukan kondisi di mana semua selalu bisa kita kendalikan sesuai yang kita inginkan. Tidak ada kondisi statis seperti itu. Kita perlu menerima dan trampil menyikapi ketidakpastian, kekisruhan hidup ini (twitter.com/AdjieSanPutro)."

Afrizal Malna: "Di dalam rumah juga ada 'pembunuhan yang tak tampak': kebosanan, kesepian, kebingungan."

Agus Magelangan - Sebuah Seni untuk Memahami Kekasih: "Kalis kekasihku. Berkali-kali aku bilang. Burung gereja belum tentu Nasrani, Emprit Haji belum tentu Islam, Ayam Bangkok belum tentu Budha, Jalak Bali juga belum tentu Hindu. Tapi kalau aku cinta kamu, itu sudah tentu."

Albert Camus - Mati Bahagia : "Kadang dibutuhkan lebih banyak keberanian untuk hidup daripada untuk mengakhiri hidup."

Albert Einstein: "Kaum intelektual memecahkan masalah, para jenius mencegah mereka."

Anime: Devilman: "If you don't heal what hurt you, you'll bleed on people who didn't cut you (twitter.com/animesvibes__)."

Bill Gates: "Jika anda terlahir dalam kemiskinan itu bukanlah kesalahan anda, tapi jika anda mati dalam kemiskinan itu adalah kesalahan anda (twitter.com/menjadiJoyBoy)."

Byung-Chul Han - The Burnout Society: "Burnout society ditandai dengan kurangnya makna hidup, karena individu 'dipaksa' terus berjuang untuk sukses dan berprestasi tanpa memaknai tujuan yang lebih dalam (twitter.com/logos_id)."

Carl Gustav Jung - Memuja Perempuan Memuja Jiwa: "Seksualitas seorang lelaki lebih duniawi, sedangkan wanita lebih bersifat spiritual."

Dalai Lama: "Tujuan utama kita dalam hidup ini adalah untuk membantu orang lain. Dan jika kamu tidak dapat membantu mereka, setidaknya jangan menyakiti mereka."

Fahruddin Faiz: Socrates punya pendapat: "Orang itu tambah pintar tambah baik." (Ada yang protes: tapikan realitanya banyak orang pintar yang ga baik?) Kalau dia jahat, dia belum pintar. Karena dia nggak tau efek merusak dari kejahatan yang dia lakukan (twitter.com/warungsastra).

Gus Baha: "Kadang kita terjebak bahwa melihat awan yang berbentuk lafadz “Allah” dan ranting pohon yang meliuk membentuk lafadz “Allah” adalah mukjizat yang nyata. Padahal awan dan ranting pohon yang biasa saja itu juga mukjizat Allah (twitter.com/Kiyaikita)."

Hatim al-Asham (Syekh): "Jagalah nafsumu dari empat keadaan. Ketika beramal jaga nafsumu dari riya. Ketika mengambil hak, jaga nafsumu dari rakus. Ketika memberi, jaga nafsumu dari berharap balasan. Ketika berhemat, jaga nafsumu dari kikir."

Ibn Atha'illah: "Keinginanmu agar orang lain mengetahui keistimewaanmu adalah bukti ketidakjujuranmu dalam menghambakan diri kepada Allah."

Ibnu Athaillah: "Mencintai itu manusiawi. Merasakan sakit adalah manusia. Namun tetap mencintai meski sakit adalah malaikat yang murni (twitter.com/dawuhguru)."

Ilham Wahyudi - Empat Imam Mahzab yang Mempengaruhi Dunia: "Janganlah engkau terburu-buru menikah kecuali setelah engkau mampu bertanggungjawab memenuhi seluruh kebutuhan istrimu (twitter.com/AkalBuku)."

Immanuel Kant: "Dalam hukum seorang bersalah ketika ia melanggar hak orang lain. Dalam etika dia bersalah jika ia hanya berpikir untuk melakukannya."

Jalaluddin Rakhmat: "Jangan kau tutupi buruknya akhlakmu dengan ibadah yang banyak. (Malah) tutuplah kurangnya ibadamu dengan akhlak yang baik (twitter.com/sudjiwotedjo)."

Jalaluddin Rumi: "Mencintai itu manusiawi. Merasakan sakit adalah Manusia. Namun tetap mencintai meski sakit adalah malaikat yang murni."

Jalaluddin Rumi: "Saat Tuhan ingin menolong, dia membiarkan kita menangis. Di mana pun air mengalir, kehidupan berlangsung dengan indah (twitter.com/arahbatin)."

Jean Paul Sartre - Ayat-Ayat Kiri: "Manusia dikutuk menjadi bebas, karena sekali ia terlempar ke dunia, ia bertanggungjawab atas segala yang ia perbuat."

Jujun S. Suriasumantri - Filsafat Ilmu 'Sebuah Pengantar Populer': "Ragukan bahwa bintang-bintang itu api. Ragukan bahwa matahari itu bergerak. Tapi jangan ragukan cintaku (padamu). Kebenaran adalah pernyataan tanpa ragu!"

M. Quraish Shihab: "Boleh jadi keterlambatanmu dalam suatu perjalanan adalah keselamatanmu (twitter.com/warungsastra)."

Merry Riana: "Yang paling penting bukan hanya bagaimana kita memulainya, tapi bagaimana kita menyelesaikannya (twitter.com/MerryRiana)."

Muhammad Al-Fayyadl - Filsafat Negasi: "Di hadapan Tuhan, kita hanya bisa diam. Namun di hadapan dunia, kita tidak bisa diam."

Nathanael Pribady: "Agama selalu jadi tempat untuk ngejudge hal-hal yang ga harmful, padahal bisa dijadiin "alat" untuk memperbaiki diri atau lingkungan sekitar. Apadaya kebanyakan orang belajar agama biar ngerasa diri menjadi standar kebenaran satu-satunya (twitter.com/NathPribady)."

Nathanael Pribady: "Mereka (GoTo) layoff gede-gedean karyawannya, itu salah satu skenario yang cukup realistis (tapi tidak etis) untuk mencapai profitability (twitter.com/NathPribady)."

Oscar Wilde: "Setiap orang suci memiliki masa lalu (yang belum tentu baik) dan setiap pendosa memiliki masa depan (yang bisa jadi jauh lebih baik). "

Paul Hauck - Psikologi Depresi: "Keseimbangan hidup dimulai dari jiwa yang kuat. Depresi bukanlah gangguan emosional yang paling umum, melainkan suatu bentuk amarah dan rasa takut."

Paulo Coelho: "If you want to be successful, you must respect one rule: never lie to yourself (twitter.com/PauloCoelho_DQ)."

Pijar Psikologi - Yang Belum Usai: "Hidup tidak berjalan dengan sistem 'aku adalah korban, aku tersakiti dan dia berhak menerima rasa sakit yang sama denganku'."

Postinus Gulö, OSC (Pastor): "Dalam KHK (Kitab Hukum Kanonik) kanon 1086, beda agama sama dengan halangan nikah. Tapi, Gereja memberi solusi, asalkan pihak Katolik memenuhi persyaratan yang diminta sesuai kanon 1125 (twitter.com/PostinusGul)."

Pramoedya Ananta Toer - Bumi Manusia: "Cinta itu indah dan kebinasaan yg membuntutinya, jadi kau harus berani menghadapinya (twitter.com/fadhilsykr_)."

Puthut EA - Seorang Laki-Laki yang Keluar dari Rumah: "Tidak ada selalu ada hubungan antara pernikahan dengan cinta. Cinta, ya cinta. Menikah, ya menikah. Hanya orang beruntung jika bisa saling mencintai lalu menikah."

Soe Hok Gie - Orang-Orang di Persimpangan Kiri Jalan: "Pemuda kita umumnya hanya mempunyai kecakapan untuk menjadi serdadu, yaitu mampu menerima perintah tapi tidak pernah diajar memimpin."

Sujiwo Tejo - Jawa Pos: "Sejatinya setiap yang lahir sudah langsung divonis mati. Sambo divonis mati. Yang sudah pada lahir terkejut. Manusia memang selalu mengejutkan (twitter.com/AdityaAbduls)." 

Syarif Maulana: "Parmenides: Ada itu ada, tidak ada itu tidak ada. Jika tidak ada mau menjadi ada, maka ia membutuhkan ruang, sedangkan ruang itu tadinya tidak ada, sehingga tidak ada tidak mungkin menjadi ada (twitter.com/syarafmaulini)."

Tablo - Blonote: "Aku butuh teman yang tidak berekspetasi apapun terhadapku."

Twitter: "Always remember, someone's effort is a reflection of their interest in you (twitter.com/WrittenN0tes)."

Twitter: "Be nice but learn to say no (twitter.com/WrittenN0tes)."

Twitter: "Change is uncomfortable but necessary (twitter.com/WrittenN0tes)."

Twitter: "Don't expect to get what you give. Not everyone has a heart like you (twitter.com/WrittenN0tes)."

Twitter: "Don't ignore the effort of someone who tries to keep in touch. It's not all the time someone cares (twitter.com/PsycheWizard)."

Twitter: "Filosofi Cinta Tak Pernah Tepat Waktu dalam 5 film animasi terakhir Makoto Shinkai (twitter.com/pnmediaid)."

Twitter: "Ga suka dengan aturan hindia belanda versi inlander: demo, bikin gaduh di surat kabar, revolusi! Ga suka dengan aturan hindia belanda versi ik: belajar, biar maksimal menjalani kehidupan (twitter.com/lincaktravail)."

Twitter: "Gelas kosong kalau dipegang satu menit masih terasa ringan, coba dipegang satu jam, satu minggu, apalagi selamanya. Kalau dipegang doang dijaga biar gak pecah, ya pasti berat banget. Apalagi selamanya. Maka dari itu kadang kita taruh saat lelah, kita ambil saat perlu dan begitu hingga selamanya. Hal kecil itulah yang nantinya menjadi pondasi rumah tangga. Namanya juga rumah, dibangun sama hal kecil, misal kayu dan bata. Raditya Dika pernah bilang, menikahlah bukan karena sudah waktunya tapi karena dia orangnya (twitter.com/kegblgnunfaedh)."

Twitter: "If you do one thing to better yourself every day, imagine where you will be in a year." (twitter.com/PsycheWizard)

Twitter: "Ironic how 'sayang' means love and waste. And 'tinggal' means leave and stay (twitter.com/alpokatmentega)."

Twitter: "Karena perceraian itu ga selalu tentang uang. Dengan uang mereka (orang kaya yang bercerai) tidak bingung mau tinggal dimana, ga bingung listrik diputus, ga bingung SPP anak. Ga sedih ketika anak mau jajan tapi ga ada uang. Mereka msh bisa ke bahamas dan cayman walaupun sudah cerai (twitter.com/selphiebong)."

Twitter: "Learn to miss someone without wanting them back (twitter.com/WrittenN0tes)."

Twitter: "Life is too short to put up with being someone’s secret or second choice." (twitter.com/PsycheWizard)

Twitter: "Manusia dilahirkan dengan dianugerahi keinginan yang tak terbatas, tapi diberi kemampuan yg terbatas (twitter.com/kokikrabbypatty)."

Twitter: "Never forget who was with you when you had nothing (twitter.com/WrittenN0tes)."

Twitter: "Of all the people I’ve hurt, I’ve hurt myself the most; I owe myself an apology." (twitter.com/PsycheWizard)

Twitter: "Pak Ali pernah bilang bahwa kezaliman akan selu ada bukan karena banyaknya orang jahat, tetapi karena diamnya orang baik (twitter.com/BNGPY)."

Twitter: "Prioritize your self respect over your feelings (twitter.com/WrittenN0tes)."

Twitter: "Rest, reset, restart, refocus, as many times as you need (twitter.com/WrittenN0tes)."

Twitter: "Sometimes sadness becomes the power of life (twitter.com/WrittenN0tes)."

Twitter: "Teach your heart to accept disappointments, even from people you love." (twitter.com/PsycheWizard)

Twitter: "Titik lelah seorang laki-laki adalah ketika dia menyampingkan hati dan mulai menggunakan logika (twitter.com/prophetofzorck)."

Twitter: "Trust is earned, not given (twitter.com/WrittenN0tes)."

Twitter: "You must find the courage to leave the table, if respect is no longer being served." (twitter.com/PsycheWizard)

Twitter: "You’re better off choosing yourself than trying to convince someone to choose you." (twitter.com/PsycheWizard)



Moral dan Selingkuh Versi Kambing (Raditya Dika) (hlm. 52-54)

Women are more emotional and less rational than men. (52)

Teori Opportunity Cost Radit: tiap kali kita pacaran ama seseorang berarti kita menutup kemungkinan untuk pacaran sama orang lainnya. (53)

Moral itu sendiri kan berarti ketidaknyamanan. Karena setiap kali kita melakukan sesuatu di luar dari moral, kita merasa tidak nyaman karena terbentur oleh moral itu sendiri. (53)

Komentar