-->

Thread Nyokap Sakit

Tidak ada komentar

Hari ini nyokap sakit. Bokap tipikal org yg sukar wa, tiba² wa suruh balik. Yaudah tutup toko, balik, tengok nyokap di rumah. Adek gw yg cowo (anak terakhir) udah di rumah. Rebahan di sofa, sambil ngehape. Gambaran remaja jaman sekarang. Gw masuk kamar nyokap. Badannya agak panas. Beliau ngeluh sakit dan minta dipijat. Tadi udah nyuruh adek, tapi ga mau. Ga heran. Yaudah gw pijat beliau.

Gw udah di fase males nyuruh² adek gw. Capek. Buang² tenaga, karena udah tau apa jawabannya. Mau marah juga udah sering dulu. Bahkan sampai gw tendang kakinya. Merasa bersalah sih, tapi mau gimana lagi. Udah emosi sekali. Setelah itu, udah lah, gw cuekin. Dan milih keluar dari rumah.

Banyak alasan kenapa milih ninggalin rumah lg. Setelah lulus SMA udah ngekos. Sekitar 5 tahunan lebih di Jogja. 2021 balik rumah, & ngerasa rumah udah beda. Nyokap sering marah²in adek gw. Dan adek gw susahnya minta ampun disuruh-suruh.

Bokap gw yg dulu keras sama gw dan abang gw, udah beda. Kayaknya emosinya udah habis di gw dan abang gw wkwk. Adek² gw dipasrahkan ke nyokap. Tapi sekalinya adek² gw salah, bokap marahin nyokap, nyokap marahin adek² gw. Gw yg di rumah kesel dengerinnya. Nyokap gw jadi jembatan bokap sama adek² gw. Rumah jadi berisik. Dan ga ada solusinya. Mau ga mau gw yg gerak, karena males dengerin berisiknya rumah. Kadang juga gw suka nginep di rumah temen gw, Amung.

Kalau diinget-inget dulu, beda banget cara didiknya. Bokap terkenal keras. Temen² rumah gw sampek hapal. Kruyung adalah senjata ultimate bokap. Sabuk skill 2, sapu skill 1, dan cubitan plintir adalah pasifnya. SMP abang gw ke Jakarta, jadi atlit di sana. Damage bokap all in di gw doang. Padahal gw masih kelas 2 SD waktu itu.

Waktu masih SMA kelas 1, gw pernah debat sama bokap gw, sampek gw nangis wkwk. Sumpah kalau debat sama orang tua ada perasaan takut, dan tiba² nangis. SMA gw ngalamin itu, tiba² di depan rumah ada Romi dan Cuplis. Gw sesenggukan di depan mereka wkwk. Anjir, malu cok. Tapi mau gimana lagi bodo amat. Waktu itu ada event di SMA, turnamen futsal antar kelas, Smaga Cup. Tapi bertabrakan sama turnamen badminton yg diikutin bokap. Padahal jauh hari gw dah bilang ga bisa. Bokap maksa, dan pas hari H bokap gw udah buang sepatu futsal gw. Untung masih bisa diambil. Dan bisa dibilang untung juga Romi dateng sama Cuplis, jadi bisa kabur. Walau malu yaa. Kelas gw juara 3. Coba dapat restu, mungkin bisa juara 1. Sejak itu, setiap beli sepatu futsal, gw taruh di rumah temen gw, Iqbal. Ga mau lagi nyimpan di rumah. Presentase dibuang lagi sangat besar. Mana pakai uang tabungan.

Seiring berjalannya waktu, gak kerasa gw udah kelas 2 SMA. Selama sekitar 9 taun gw jadi anak tertua di rumah. Akhirnya abang gw balik, dan mengubur mimpi menjadi pelatnas. Sulit memang tinggal di Cipayung. Abang gw lanjut kuliah. Dan pergi lagi ngekos di Solo. Bgst. Jadi anak tertua lagi.

Lulus SMA, 2016, gw milih kuliah di luar Solo Raya. Gw pengen keluar dari zona rumah. Kesampaian di Jogja. Hingga 2021. Balik ke rumah, suasana udah beda. Bokap yg suka marah, suka banting sesuatu, suka mukul gw dan abang gw. Berubah kalem. Yg ga pernah berubah adalah hobinya yg suka baca. Mungkin dari baca bokap berubah. Gw seneng ngeliatnya. Setelah sebulan tinggal kok jadi nyokap yg suka marah². Dan ga ada ujungnya, karena adek gw ga jalan². Apalagi pas bangunin sekolah dan sekolahnya adek gw di rumah karena korona. Gw yg dengernya jadi kesel dan ikut ngomelin. Ngomelin ga nyelesain, gw kasih fisik. Kesel bgt, tapi ngerasa bersalah juga. Giliran nyokap marahin gw. Setelah itu gw mulai cuek.

Seiring waktu berjalan, gw udah muak. Terasa berisik. Dan gw ga bisa fokus sama hal² yg gw lakuin, karena di Jogja udah terbiasa sunyi. Awal Juni 2022, gw milih keluar rumah. Gw milih ngekos. Selama gw ga ngrepotin, gw diijinin bokap nyokap. Walaupun hrs debat dulu.

*lanjut hari ini. Setelah bebrapa menit mijitin nyokap, anak pertama kakak gw nangis. Anak kedua jg. Wah, dapat jobdesk nih. Yaak benar, nyokap nyuruh gw nenangin anak kakak gw yg pertama, yg usianya masih 2 taunan. Sedangkan si paling kecil belum ada stngh taun.

Baru ngegendong bentar, udah nambah jobdesk lagi. Kali ini belanja sembako dan tetap jagain Vara (anak pertama kakak gw). Susah juga belanja sama anak kecil. Walaupun ada sisi lucu dan gemasnya. Apalagi Vara termasuk anak yg aktif.

Belom sampai rumah, Vara udah tidur. Waduh, mana rumah masih jauh. Dipikir-pikir sesulit itu ya menjadi ibu. Serepot itu. Padahal gw cuman jagain Vara bentar doang. Jadi kpikiran, apa gw juga ngrepotin nyokap bgt yaa dulu. Apakah yg aku lakuin sekarang, sudah cukup menutupi itu. Entahlah. Bodo amat, udah ketutup atau belom. Mau sampai kapanpun gw tetap akan selalu ada buat nyokap. Walaupun kadang iri nyokap terlalu memanjakan adek gw. Boleh lah manjain, tapi ga sebegitunya.

Tapi setelah tau gw putus, nyokap sering wa buat makan di rumah wkwk

Source: twitter.com

Komentar