-->

Persiapan Menikah Secara Materi?

Tidak ada komentar

Menikah. Wkwkw. Ngomongin soal pernikahan, gw udah mempersiapkan plan itu sejak tahun 2020. Dari segi materi yaa. With my ex wkwkwk. Fyi, gw ga pernah menyesal berhubungan sama siapapun. Baik sama mantan pertama atau mantan kedua, yg kemaren. Selain pernah menjadi support sistem, mereka juga ngasih suatu nilai ke gw.

Di 2020, gw ngeplan soal keuangan gw. Mulai Juni 2020, gw ngeaudit semua pengeluaran hidup gw. Sampai detail-detailnya. Jadi gw lakuin analisa kecil-kecilan. Menentukan kapan gw siap nikah dgn pemasukan dan pengeluaran yg jelas. Worth to know. Alasan lainnya ngeaudit, juga karena waktu itu gw jualan cermin. Sebelumnya gw jualan botol my bottle dan tumblr. Tapi ga tau kok duitnya cepet abis. Nah karena belajar dari kesalahan, pas jualan cermin gw pisahin duit gw pribadi sama cerminnya. Jadi bisnis cermin ini udah punya keuangannya sendiri. Hiduplah intinya.

Pada Juni itu gw melakukan pencatatan yang ga rapi-rapi amat, yg penting gw ngerti berapa aja pengeluaran gw. Gw hitungnya per pekan. Jadi agak ribet bgt. Juli gw perbaikin formatnya, Agustus makin rapi. Dan hingga sekarang masih gw audit pengeluaran gw.

Ngasih pengamen, bayar parkir, dan hal-hal kecil lainya gw audit sebisa mungkin. Gesrek pun kadang juga kesel wkwkwkwk.

Ngeliat hasil audit gw dari tahun 2020 sampai sekarang, kalau ditanya soal nikah dari segi materi, gw belum siap. Satu gw bukan anak orang kaya, everything starts from zero. Kedua persoalan dana darurat. Nah yg kedua ini yg bikin ovt.

Ada temen gw, dia usianya 5-7 tahun diatas gw. Sudah menikah. Punya anak 1. Pernah 2, tapi anak yg terakhir sudah meninggal. Dia mau berangkat ke Papua. Kerja di sana. Sebelum berangkat, gw diajak main PS.

Setelah main PS, kita nongkrong depan rumahnya. Sambil cerita ngalor-ngidul. Cerita lama banget. Sambil nangis dia cerita. Salah satunya soal keuangan dan menikah. Dia bilang belum siap nikah. Mau bilang menyesal juga enggak, cuman persiapannya secara materi dan mental (pasca kehilangan anak) dia jadi mikir lagi dan ngerasa belom siap.

Anaknya yang kedua meninggal karena pernapasan. Lupa gw sakit apa. Sebelumnya anaknya sudah dibawa ke rumah sakit manapun buat dioperasi. Habis duit banyak. Sampek waktu ngubur anaknya aja, dia ngutang. Saking udah ga ada duitnya karena habis dipengobatan. Dan pas ngutang ini dia juga kasian bgt, tapi ga bisa gw ceritain. Padahal dia udah siapin plan duit itu buat ngejalanin bisnis. Untungnya dia kagak utang bank. Tapi nyiapin dana darurat.

Dengan dana darurat yang cukup gede aja dia bisa kehabisan duit buat hal lain yg di luar plannya, apalagi gw yg belum bisa mikir sampai persoalan (amit-amit) kalau istri gw sakit atau anak gw. Ngalamin masalah kek motor ditabrak, laptop rusak, hape rusak, dan hal-hal darurat lainnya aja masih ngeluh parah. Apa lagi persoalan yg kek sakit dan sebagainya. Ya amit-amit sih, cuman kan perlu diperhitungkan juga soal dana sakit dan sebagainya.

Balik ke soal menikah. Kalau gw pribadi, berdasarkan audit yg gw jalani sendiri, mungkin amannya sekitar 3-5 tahun lagi baru siap secara Materi. Usia 27-29 lah. Rasional aja. Mudah-mudahan sih secepatnya. Makanya gw selalu amaze sama org-org yg udah nikah di angkatan gw. Hebat. Thumbs for them.

Source: twitter.com

Komentar