-->

Cara Membuat Tabel di Blogger Responsif (Dilihat di Hape Bagus)

Tidak ada komentar

https://rezalino.blogspot.co.id/2017/12/hubungan-pemerintah-pusat-dengan-pemerintah-daerah-dudung-abdullah.html
Pembuatan tabel di blog harus kita lakukan secara manual dikarenakan di blogger tidak ada. Sehingga kita harus mengeditnya sendiri. Awalnya saya merasa kesulitan, karena mengedit tabel yang responsif itu harus mengedit tema juga. Menurut saya itu merepotkan. Apalagi saya suka mengganti-ganti tema. Setiap mengganti tema harus juga memasang kembali tabel responsif.
.
Jika boleh berpendapat saya rasa blogger disini perlu menambahkan lagi peralatannya (istilah gampangnya). Karena blogger ini adalah wadah yang memang sudah cukup baik sih, tetapi akan lebih afdol kalau ada paralatan tabel disini. Sehingga penulis tidak perlu repot-repot mengubah temanya atau mengubah HTML postingannya.
.
Bukan tabel saja sih, ada beberapa hal juga yang perlu diperbaiki di blogger. Contohnya adalah tiap alinea pada kalimat pertamanya harus menjorok ke kanan. Sayangnya blogger tidak memiliki itu. Bahkan spasi tiap alineanya juga sangat dekat sekali, kita perlu melakukan dua kali Enter agar blog nyaman dilihat.
.
Bahkan saya harus menambahkan titik untuk antisipasi karena terkadang saya sudah menekan dua kali Enter tapi jadinya justru satu kali Enter saja. Seperti di Intagram ketika kita membuat caption. Banyak yang menambahkan titik karena terkadang Enter yang berkali-kali tidak terbaca. Jadi ya menurut saya blogger kurang sempurna sih. Saya memang sudah merasa kecukupan tapi saya kurang terpuaskan, istilahnya begitu untuk blogger.
.
Saya kembali mencari beberapa artikel tentang ini. Beberapa blog yang menarik adalah www.gancus.com salah satunya. Disini kita akan mengedit sebuah tabel yang bermula dari microsoft excel kemudian dipastekan di sebuah situs yang khusus untuk membuat HTML. Berikut cara-caranya:
Cara Membuat Tabel di Blogger Responsif (Dilihat di Hape Bagus)
  • Buatlah tabel yang Anda inginkan di microsoft excel. Kemudian blok semuanya dan copy.
Cara Membuat Tabel di Blogger Responsif (Dilihat di Hape Bagus)
  • Masuklah ke situs www.tablesgenerator.com. Situs inilah yang merupakan tempat khusus kita mengubah tabel dari microsoft excel menuju kode HTML. Silahkan klik File kemudian Paste table data.
  • Kemudian Pastekan di tempat itu. Jika sudah silahkan klik Load.
Cara Membuat Tabel di Blogger Responsif (Dilihat di Hape Bagus)
Cara Membuat Tabel di Blogger Responsif (Dilihat di Hape Bagus)Cara Membuat Tabel di Blogger Responsif (Dilihat di Hape Bagus)
  • Nah silahkan Anda otak-atik sesuai dengan keinginan Anda. Jika sudah silahkan klik Generate kemudian klik Copy to clipboard. Setelah itu silahkan menuju blog Anda. Pilih artikel yang hendak kalian kasih tabel ini. Silahkan Taruh di HTML bukan Compose. Sekali lagi di HTML bukan Compose.
  • Di www.tablesgenerator.com kita dapat mengedit semuanya. Baik itu warna, font, tema, dan lain sebagainya. Silahkan otak atik saja sesuka Anda.
  • Cara terakhir agar tabel tersebut menjadi responsif adalah dengan mengganti beberapa kode script. Silahkan tekan Ctrl+F untuk memudah pencarian. Carilah kode berikut ini:
<table class="tg">
  • Ganti kode tersebut dengan kode berikut ini:
<table class="tg" style="table-layout: fixed; width: 100%;"><tbody>
  • Silahkan save atau publikasikan. Coba cek artikel Anda. Jika masih ada kekurangan silahkan otak-atik kembali sesuai keinginan.

Komentar