-->

Berita Favorit Oktober 2017

Tidak ada komentar

http://angeliquevdmee.tk/oktober-kalender-2017-pdf/
Apa yang dimaksud favorit pada kumpulan berita ini adalah favotit bagi saya, hal-hal yang menarik yang dapat memikat saya untuk membacanya. Berikut berita favorit di bulan Oktober 2017:
.
  • Wanita Muslim Hamil Diseret Paksa Keluar dari Pesawat

Seorang Profesor yang bernama Anila Daulatzai diseret paksa keluar oleh petugas keamanan dikarenakan dirinya alergi terhadap anjing yang ada di dalam pesawat. Pihak maskapai membenarkan bahwa memang ada dua anjing di dalam pesawat, namun Anila Daulatzai tidak memiliki dokumentasi terkait alerginya, untuk itulah dia dikeluarkan. Tidak hanya dipaksa keluar, Anila Daulatzai juga ditahan dan dituntut karena melawan tindakan penertiban dan melakukan pelanggaran lainnya.
.
Untuk Anila Daulatzai sendiri, ia merasa didiskriminasi di dalam pesawat karena ia seorang wanita, seorang muslim, dan seorang yang berketurunan Timur Tengah. Tidak hanya itu, menurut pengacara beliau, beliau tidak merasa diminta dokumentasinya terkait alerginya. Bisa dikatakan alasan yang dibeberkan pihak maskapai adalah bohong. Untuk keterangan lanjutnya bisa disimak di international.sindonews.com atau videonya di www.vidio.com.
.
  • Penganiayaan Tukang Parkir Karena Plat Mobil TNI

Peristiwa ini terjadi di Basement 2 Mal Gandaria City di Jakarta Selatan ketika seorang petugas parkir yang bernama Juansyah meminta biaya parkir senilai lima ribu rupiah. Awalnya sang sopir dan Anwari menolak membayar karena menurutnya mobil dinas yang berplat TNI tidak perlu membaya parkir. Ia sangat yakin ada aturan di dalam Perda. Petugas parkir tetap meminta agar mereka membayar biaya parkir. Sang sopir mengalah dan membayar parkir tersebut, namun Anwari tidak terima dengan sikap Juansyah. Ia keluarkan senjatanya dan menodong Juansyah. Juansyah ketakutan dan bersujud di kaki Anwari. Kronologinya bisa disimak di megapolitan.kompas.com, www.cnnindonesia.com, atau www.liputan6.com.
.
Terkait Perda yang mengatur tentang parkir gratis bagi mobil dinas aparat, Kadispen TNI AD dan Kapolres Metro Jakarta Selatan menyatakan bahwa hal semacam itu tidak ada aturannya [news.detik.com]. Namun jika membaca isi maupun komentar di sebuah artikel (www.modifikasi.com) dijelaskan bahwa kita bisa kok nggak bayar parkir di mal manapun, walaupun artikel tersebut sudah lama yakni tahun 2011-an. Terkait siapa yang benar saya rasa tindakan Anwari memang salah. Cukup membayar lima ribu dan menahan emosi ia tidak akan masuk di jeruji besi. Kasus ini menarik karena perlu adanya melek hukum terkait apakah ada atau tidaknya Perda yang mengatur ini.
.
  • Pidato Anies Tentang Pribumi

Pada hari Senin tanggal 16 Oktober 2017 merupakan hari besar untuk Anies Baswedan karena pelantikannya menjadi Gubernur Jakarta. Namun baru beberapa jam setelah pelantikannya, ia menjadi bulanan netizen karena pidatonya terkait kata "pribumi". Dalam pidatonya Anies berkata: "Dulu kita semua, pribumi, ditindas dan dikalahkan. Kini telah merdeka, kini saatnya menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Jangan sampai Jakarta ini seperti yang dituliskan dalam pepatah Madura. Itik sik e telor, ayam sik ngeremi. Dalam Bahasa Indonesia: Itik yang bertelor, ayam yang mengerami." [Youtube: detikcom].
.
Menarik sekali kasus ini karena membuat para masyarakat menjadi paham bahwa sebenarnya kata Pribumi itu dilarang di Pemerintahan. Hal ini tercantum di Instruksi Presiden Nomor 26 Tahun 1998. Namun apakah pidato yang diucapkan oleh Anies ini merupakan pelanggaran. Toh di Inpres tersebut tidak melarang penggunaan kata Pribumi untuk pidato. Kata Pribumi dilarang apabila tercantum didalam undang-undang atau peraturan daerah misalnya.
.
Wakil Presiden menanggapi hal ini bukan sebuah pelanggaran. Menurutnya pidato itu hanya sebuah perumpamaan. Bisa di lihat secara detail di tvOneNews. Jika pun Anies dipidanakan karena kasus ini, seharusnya Presiden Joko Widodo dan Ibu Megawati Soekarno Putri dulu juga harus dipidanakan, karena mereka juga pernah menggunakan istilah Pribumi di hadapan media, kata Hidayat Nur Wahid.
.
  • Istri Diperkosa oleh Perampok Tepat di Depan Suami

Sesungguhnya, hanya dengan membaca judul berita ini saja saya sudah marah dan kesal. Apa yang saya bayangkan bukan cuma istri, bagaimana kalau itu adik saya atau ibu saya, mungkin saya akan membunuh para perampok tersebut. Pada berita ini, tepat pada tanggal 3 Oktober 2017, akhirnya polisi berhasil menangkap pelaku pemerkosaan sekaligus perampokan.
.
Awalnya pelaku (Misran/21, Kurniawi/23, dan Idi) hanya mengincar sepeda motor Vega milik sepasang suami istri. Mereka melakukan aksinya pada malam hari. Pelaku mengetuk pintu dengan keras, tetapi karena tidak ada balasan, mereka mendobraknya. E (sang suami) langsung dibacok oleh pelaku dan kemudian diikat. N (istri) yang saat itu sedang mandi, karena mendengar suaminya dibacok dan merintih kesakitan, keluar dari kamar mandi. Niat mesum bajingan Misran ini keluar, dan memerkosa N karena ancaman golok. Sakitnya adalah N diperkosa di depan suaminya. Bangsat! (Sumber: regional.kompas.com).

Komentar