-->

Bagaimana Cara Membuat Blog Menjadi SEO Friendly?

Tidak ada komentar

SEO Friendly
SEO Friendly be my Friend.
Wah ini merupakan pembahasan yang cukup banyak sih. Namun penulis sendiri akan menyingkatnya dari beberapa situs yang penulis jadikan referensi. Untuk itu langsung saja ke topik pembahasan. Silahkan menyimak.
.

1. Link Eksternal No Follow

Ketika Anda mencatumkan sebuah link di blog Anda jangan lupa untuk menerapkan ini. Menurut madamvia hal ini dilakukan untuk mencegah mesin pencari merayapi link yang Anda cantumkan tadi. Caranya adalah seperti pada gambar dibawah ini.
Bagaimana Cara Membuat Blog Menjadi SEO Friendly?
Nofollow.
Jadi ketika Anda sedang mencantumkan sebuah link jangan lupa yaa untuk melakukan hal ini. Jika sudah terjadi silahkan di edit kembali dari awal.
.

2. Menambahkan Tag Meta Deskripsi

Sesuai dengan namanya, fungsi dari Tag Meta Deskripsi adalah untuk mendeskripsikan blog Anda. Bagaimana caranya? Silahkan klik Setelan pada dashboard blog. Kemudian klik Preferensi Penelusuran. Cek Tag Meta. Lihatlah gambar dibawah ini untuk jelasnya.
Bagaimana Cara Membuat Blog Menjadi SEO Friendly?
Tag Meta Deskripsi.
Cara ini sangat diperhatikan oleh mas sugeng dan madamvia. Pada situs mereka masing-masing menyarankan untuk melakukan ini. Jadi bagaiamana? Langsung praktekan gan! Aktifkan ya deskripsi penelusurannya!
Bagaimana Cara Membuat Blog Menjadi SEO Friendly?
Disisi kanan juga ada lho.
Selain itu. Ada lagi nih deskripsi yang bisa kita ubah-ubah tiap artikelnya. Artinya kita mengisikan sendiri deskripsinya setiap artikel. Ketika anda sedang mengedit post artikel, lihat sisi kanannya. Selain ada label, jadwal, tautan permanen, dan lokasi, ada juga deskripsi penelusurannya. Nah silahkan diisi. Kalau penulis sih isikan keywordnya aja sesuai dengan blog. Misal: Cara membuat blog menjadi SEO, nah seperti itu.
.

3. Gambar Postingan

Nah-nah ternyata penulis dapat informasi baru ini. Baik mas sugeng maupun madamvia menyarankan cara ini. Agak sulit dijelaskan dengan kata-kata. Maka dari itu akan dijelaskan langsung caranya. Klik gambar yang kamu cantumkan kemudian klik propertis. Lihat gambar dibawah.
Bagaimana Cara Membuat Blog Menjadi SEO Friendly?
Ini gambar nomor 1 diatas. Cek it.
Bagaimana Cara Membuat Blog Menjadi SEO Friendly?
Nah nanti akan muncul gambar yang sama seperti ini. Silahkan isi terserah Anda.
Kenapa sih kita harus melakukan ini? Menurut penulis sendiri gambar ini bisa jadi muncul di search engine google gambar sesuai dengan judul yang Anda tuliskan. Jadi SEO kita nggak hanya bersaing di google doang. Google gambar juga ada persaingan lho. Silahkan isi judul dan deskripsinya sesuai dengan isi blog Anda.
.
Selain menuliskan propertiesnya, Anda juga perlu menambahkan captionnya. Silahkan Add captionya dan tuliskan tentang gambar yang Anda cantumkan. Satu kata saja bukan masalah. Kenapa? Hal ini penulis pelajari ketika penulis berusaha mengecek SEO blog penulis di chkme.com. Jika Anda tidak mendeskripsikan gambar yang ada pada blog Anda, maka gambar itu dinyatakan missing description.
.

4. Buat Artikel Hingga 2.500 Kata

Kaget? Sama penulis juga kaget. Materi ini penulis dapatkan dari situsnya mas sugeng. Ternyata apa yang dikatakan mas sugeng itu ada benarnya. Ukuran isi postingan blog yang orang-orang lain katakan bahwa 250 hingga 500 kata saja itu sudah cukup untuk menjadikan artikel di peringkat satu. Katanya sih begitu.
.
Akan tetapi setelah membaca artikel mas sugeng saya jadi terpengaruh. "Loh, iya ya", alasannya begini semakin banyak kita menulis akan semakin banyak keyword yang ada pada postingan kita. Itu pikiran penulis. Penulis juga berpendapat kalau semakin lama blog kita dibaca (durasi pembaca di artikel kita) bisa jadi mempengaruhi SEO juga.
.
Mas Sugeng bilang kalau sebenarnya nggak harus 2.500 kata juga. 1.500 kata sudah bisa dikatakan baik. Sisanya adalah kata-kata yang terdapat di komentar. Namun jika komentar kita memang sepi sekali maka yaa terpaksa harus nulis 2.500 kata muehehe.
.
Lalu caranya gimana nih? Gampang. Semisal Anda membuat sebuah artikel "5 Anime Mengharukan", ganti saja dengan 10 atau 15 Anime Mengharukan. Nggak harus semua artikel yang Anda buat itu harus 2.500. Cukup berikan hal ini untuk artikel yang istimewa bagi Anda. Yang benar-benar Anda tulis menggunakan hati dan Anda pahami konteks isinya.
.

5.Tautan Permanen

Tahu tidak tautan permanen otomatis itu didasarkan dengan apa yang ada pada judul kita. Akan tetapi tautan permanen ini memiliki batasnya. Kalau tidak salah batasnya adalah 6 kata. Lalu bagaimana kalau judul kita itu lebih dari 6 kata? Misalnya nih judul kita adalah: "Bagaimana Cara Membuat Blog Menjadi SEO Friendly", disini judul blog terdapat tujuh kata. Maka secara otomatis tautannya adalah "...bagaimana-cara-membuat-blog-menjadi-seo", nah hanya enam kata saja yang diserap oleh tautan otomatis.
Bagaimana Cara Membuat Blog Menjadi SEO Friendly?
Tautan permanen khusus.
Lalu caranya bagaimana nih? Gampang. Ganti tautan permanen otomatis dengan tautan permanen khusus. Tambahkan sisanya yang belum terdapat pada tautan tersebut. Kalau penulis sih selalu menggunakan tautan khusus muluk, walaupun judulnya kurang dari enam kata. Kenapa? Itu tindakan preventif saja biar tidak kelupaan.
.
Bicara mengenai judul, madamvia menyatakan bahwa judul postingan yang baik itu tidak boleh melebihi 50 karakter. Akan tetapi mas sugeng bilang kita harus memanfaatkan judul blog. Buat judul blog sedetail mungkin. Nah tugas kita adalah membuat blog yang detail tapi tidak terlalu kebangetan yaa. Setidaknya ada satu atau dua keyword tercantum pada judul blog kita.
.
Mas sugeng juga menambahkan kalau judul blog yang baik itu gunakan kalimat tanya dan gunakan angka. Akan tetapi itu tidak perlu keduanya, pilih salah satunya. Atau malah keduanya tidak diterapkan tidak masalah. Asalkan judul blog kita terdapat setidaknya dua kata kunci yang akan membuat artikel kita menjadi nomor satu.
.

6. RSS Feed

RSS Feed ini adalah upaya untuk melakukan pencegahan copy paste yang dilakukan oleh para blogger yang curang. Caranya bukan ngeliat artikel lalu klik kanan dan copy atau Ctrl+C kemudian Ctrl+V, akan tetapi caranya adalah otomatis. Bayangkan sekarang ngopy artikel orang lain tidak Ctrl+C lagi, malah sudah otomatis. Mereka cuman nunggu sambil santai-santai doang.
Bagaimana Cara Membuat Blog Menjadi SEO Friendly?
Umpan situs.
Nah untuk itu penulis menyarankan untuk mengubah setelannya agar artikel kita aman dari blogger nakal. Caranya dengan masuk ke Dasboard blog. Klik Setelan dan klik Lainnya. Silahkan dilihat pada Umpan Situs atau Feed Situs, ganti 'Izinkan Umpan Blog' yang mulanya dengan Penuh ke bentuk Singkat. Untuk mempermudah, lihat gambardiatas.
.

7. Tag Meta Robot

Tag meta robot ini digunakan untuk mengatur perayap, lewat mana saja sih yang boleh dirayapi. Pernah penulis mengaturnya asal. Ketika penulis mencoba mengecek SEO blog penulis di chkme.com jadinya malah gak bisa dibuka. Setelah penulis setting lagi seperti gambar nanti dibawah ternyata langsung bisa. Nah hal inilah yang dapat mengganggu pembaca kita yang membukanya entah lewat mana. Untuk itu jangan mengotak-ngatinya secara asal-asalan. Karena bisa menghambat SEO blog Anda. Perhatikan caranya sebagaimana pada gambar dibawah.
Bagaimana Cara Membuat Blog Menjadi SEO Friendly?
Tag tajuk robot khusus.
Buka Dashboard blog. Klik Setelan, lalu Preferensi lainnya. Aktifkan Tag tajuk robot khusus. Nah lihat pada Laman Arsip dan Pelaksanaan. Centang pada kata noindex, nofollow, dan noarchive. Simpan Perubahan. Nah sekian dari penulis. Jika Anda ingin mengetahui lebih detail tentang cara membuat blog Anda menjadi SEO Friendly, penulis sarankan untuk klik link dibawah sebagai sumber referensi Anda. Selamat berkeasi.

Komentar