-->

Sahur Dengan Minum Susu - Kelebihan dan Kekurangannya

Tidak ada komentar

Sahur Dengan Minum Susu
Sahur Dengan Minum Susu.
Susu adalah minuman yang dapat mengenyangkan. Susu juga termasuk ke dalam kategori 5 sempurna. Artinya susu itu adalah sebagai pelengkap. Karena kandungan gizi dan nutrisi di dalam susu itu cukup banyak. Tetapi boleh tidak sih meminum susu saat sahur. Yang mana pagi-pagi sekali kita harus meminumnya.
.
Para ahli gizi justru menyarankan untuk minum susu ketika sahur. Tetapi ada etikanya. Disaat kita sahur kita tidak boleh terlalu kenyang saat makan. Karena kita akan meminum susu, yang mana susu ini dapat mengenyangkan perut kita juga. Untuk itu harus diberi ruang juga di dalam perut.
.
Bahkan hanya meminum susu pada saat sahur sebenarnya tidak masalah. Karena waktunya mepet, 15 menit lagi akan imsak, belum sempat masak ini itu, maka dianjurkan untuk meminum susu. Ahli gizi klinik, Rita Ramayulis menyarankan untuk meminum sesuatu yang mengandung protein yang tinggi.
.
Beliau juga menambahkan bahwa untuk meminum susu akan lebih baik jika dicampur dengan buah pepaya. Karena buah pepaya ini nanti akan membantu mencerna protein yang terdapat pada susu yang memiliki kadar protein cukup tinggi.
.
Tambahan juga dari beliau bahwa jika kita masih merasa lapar hanya dengan meminum susu kita bisa menambah karbohidrat dari biskuit atau roti gandum. Walaupun sebenarnya terdapat laktosa sebagai karbohidrat di dalam susu. Ahli gizi lain juga berpendapat bahwa sebenarnya susu ini dapat membuat kenyang di dalam perut itu bertahan cukup lama.
.
Hal negatifnya adalah dapat membuat orang menjadi diare. Hal ini untuk orang yang sangat sensitif terhadap laktosa. Bagi orang yang tidak sensitif terhadap lektosa tidaklah masalah. Ini terkhusus untuk orang yang sensitif saja. Lambung orang yang sensitif terhadap lektosa sangat sulit mencerna lektosa. Mereka hanya bisa meminum susu yang berasal dari susu murni sapi. Tanpa campuran apapun. Karena gizi susu sapi asli sangat banyak sekali.
.
Segelas susu mengandung 122 kalori, 4.88 g lemak, 11.49 karbohidrat, 8.03 protein, 100 mg sodium, dan 361 mg kalium. Sedangkan segelas susu coklat mengandung 190 kalori, 25 g lemak, 28.88 g karbohidrat, dan 7.7 g protein. Ada kandungan yodium dan zink (zat besi) yang dapat meningkatkan performa otak. Ada pula potasium atau kalium yang dapat mencegah penyakit jantung dan darah tinggi.
.
Kekurangan dari susu sebenarnya cukup simpel, yaitu mudahnya mengantuk. Tetapi kenapa bisa seperti itu? Hal ini dikarenakan kandungan kalsium membuat tulang-tulang menjadi rileks dan tubuh ikut terbawa suasana. Penyebab lainnya adalah terdapatnya kandungan tyrosine yang dapat membentuk hormon endorfin. Hormon endorfin ini merupakan penyebab manusia memiliki perasaan bahagia. Hal inilah yang dapat membuat tubuh rileks dan menjadi mudah mengantuk.
.
Jadi kesimpulannya susu itu dapat membuat kita memiliki banyak gizi, membuat tulang kuat, dan membuat puasa menjadi tenang karena dapat membuat perut kenyang cukup lama. Selain itu disisi lain susu juga membuat kita menjadi rileks. Serasa beban telah lepas. Membuat kita mudah mengantuk karena hormon endorfin terbentuk.
.
Untuk jenis susu. Nah ini ada pendapat dari ahli gizi yang bernama Emilia Achmadi. Susu yang baik untuk waktu buka dan sahur adalah susu yang freshmilk. Susu yang murni yang hanya melalui proses pasteurisasi (pemrosesan susu dalam waktu singkat yang hampir mendekati aslinya). Bukan susu yang UHT.
.
Susu UHT itu adalah susu yang sudah mengalami pemrosesan dengan suhu tinggi sehingga banyak gizi yang sudah kabur alias pergi alias hilang. Ciri susu UHT adalah kental dan rasanya manis. Tambahan dari dokter Emilia. Beliau menambahkan bahwa mengonsumsi susu yang ideal adalah 3 gelas atau setara dengan 750 cc per hari.
.

Komentar