-->

Seperti Rokok

Tidak ada komentar

“Seperti Rokok”

Kehidupanku tidak begitu asik, walaupun setiap malam aku selalu keluar ditemani kawan. Pada akhirnya aku pulang sendirian. Ku tatap langit hitam malam itu. Aku sendirian. Iya, aku sendirian. Menyedihkan. Sisiku yg ini menyedihkan.

Hampir seminggu aku sering keluar malam, menghabiskan sisa malam dengan kawan-kawan yang berbeda-beda. Awalnya seru, karena banyak cerita yang aku dapatkan pada setiap malamnya. Kami menertawakan masalah-masalah kami.

Bagaikan rokok yang menyala. Asapnya mengganggu nafasku, tapi nikmatnya tak bisa membuatku behenti merokok. Masalah sangat menganggu, tapi tak bisa aku segera hentikan masalah itu. Jalan satu-satunya adalah menikmatinya, menertawakannya.

Kupahami sisiku ini. Berusaha kukuliti raga dan jiwa ini. Aku sang penyendiri yang terbiasa ditemani, kini sendiri. Kehilangan tempat nyamannya, kehilangan kebahagiaan kecilnya. Segala yang indah adalah palsu. Dia berhenti mengharap sesuatu yang indah itu. Realitas sosial membuka matanya, cintanya bertepuk sebelah tangan.

Walaupun begitu menderita, dia tetap berusaha menikmatinya. Tanpa menutup mata, karena dia menyukai sesuatu yang jujur. Walaupun itu membuatnya menderita. Hatinya babak belur sekarang. Kenyataan hidupnya tak seperti mimpi-mimpinya. Kemalasan menggumulnya.

Rasanya seperti ingin mati tapi tak mau mati. Masih ada secercah impian yang ingin kuharapkan terjadi ke depan. Aku terlarut dalam kepayahanku. Aku ingin kepayahan skripsiku selesai. Masalahku hanya itu. Skripsiku mengganjal di kepala. Mengganggu ide-ide keren di kepala. Skripsi itu sering aku letakkan agar ide-ideku yg lain kubiarkan maju terlebih dahulu. Nyatanya meletakkan skripsi menjadi sebuah kebiasaan. Dan lama-kelamaan menjadi acuh. Masalahku tak selesai.

Bajingan kau Reza. Keluhanmu yang ini segeralah kau selesaikan. Agar impianmu yang lain, idemu yang lain, dapat kau laksanakan segera. Mari Reza. Buktikan kemampuanmu. Seperti rokok yang menyala. Asapnya memang mengganggu, tapi tak bisa berhenti untuk tetap merokok.


Sukoharjo,

6 November 2022


*gambar karya: 기쁨.그림. (Instagram: @pleasure.kim) 

Komentar